Pendidikan Sejak Dini, Bentuk Anak Bersikap Mandiri!

Pendidikan Sejak Dini, Bentuk Anak Bersikap Mandiri!

luminaschool.org РSetiap orang pasti memilki karakter yang berbeda. Karakter yang ada pada sesorang ini bisa jadi terbentuk pada masa dia kecil lebih tepatnya yaitu pada masa golden age atau usia dini yang berharga. Pengetahuan akan masa golden age sangat penting untuk Anda, para orang tua, ketahui. Pasalnya pada masa ini, anak sedang dalam masa berkembang sehingga ingatan pada masa itu akan terbentuk dengan sangat baik. Untuk itu, masa golden age menjadi masa yang tepat untuk mengajarkan karakter pada anak. Karakter yang baik akan menjadikannya pribadi baik pada saat dewasa nanti. Itulah sebabnya banyak yang menyampaikan pentingnya menerapkan pendidikan sejak dini pada anak.

Salah satu karakter yang baik diterapkan sejak dini adalah sikap mandiri. Anak selalu identik dengan kata bergantung dengan orang tua. Hal ini menjadikan orang tua selalu overprotektif terhadap anak dan menjadikannya selalu bergantung pada orang tua. Menjaga anak memang menjadi kewajiban setiap orang tua, tapi kalau berlebihan tentu tidak baik bukan? Mendidik anak agar bersikap mandiri dengan tidak mengandalkan orang tua akan menjadikannya pribadi yang mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Bayangkan saja jika anak yang sudah mencapai usia belasan tahun tapi masih takut ke kamar mandi sendirian? Atau masih disiapkan baju tiap kali mau pergi? Aneh kan? Nah jangan sampai anak Anda menjadi manja sampai dewasa nanti.

Pesatnya perkembangan otak anak dimulai pada usia 0 hingga 6 tahun. Pada usia 6 tahun, anak berada pada masa emas (golden agen) sehingga sangat mudah baginya untuk menangkap informasi yang ada di sekitarnya. Untuk memberntuk sikap mandiri pada anak, dapat Anda lakukan dengan menunjukkan hal-hal yang berdekatan dengan karakter tersebut. Seperti mengarahkan anak untuk makan sendiri, memilih pakaiannya sendiri, merapikan mainannya, sampai dengan mengusap tubuh dan rambutnya sendiri ketika mandi. Dengan catatan tetap dalam pengawasan orang tua ya!

Anak-anak cenderung suka melakukan hal-hal yang terjadi di sekitarnya contohnya seperti meniru apa yang idolanya lakukan atau meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya ketika di rumah. Untuk itu memberikan contoh yang baik lewat pribadi diri sendiri juga perlu diperhatikan ya.

Pembentukan karakter dengan menerapkan pendidikan dini juga perlu dilakukan di luar rumah terlebih untuk mendapatkan pendidikan formal. Salah satunya dengan mendaftarkan anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Dengan bertemu teman sebayanya, anak akan merasa sudah besar dan tumbuh rasa untuk dapat melakukan kegiatannya sendiri contoh kecilnya seperti memakai sepatu sendiri. Selain itu, anak juga dapat belajar berinteraksi dengan orang banyak dan menjadikannya berani. Untuk itu sangat penting memperhatikan pendidikan sejak dini pada anak, agar anak terbentuk menjadi pribadi yang dapat dibanggakan di masa depan nanti, utamanya menjadi pribadi yang mandiri!