Didik Anak Jadi Pribadi Mandiri, Dengan Kebiasaan Kecil Dari Dini

Didik Anak Jadi Pribadi Mandiri, Dengan Kebiasaan Kecil Dari Dini

luminaschool.org – Melihat anak kecil sedang makan sendiri terlihat sangat menggemaskan bukan? Lahab, blepotan, dengan ekspresinya yang lucu banget. Eh tapi Anda, para ibu cerdas, tidak perlu khawatir. Membiarkan anak bereksplorasi adalah media belajar paling baik untuk anak. Salah satunya dengan makan sendiri yang membuat anak belajar bersikap mandiri. Tentunya setiap orang tua pasti bangga kan kalau punya anak yang dapat bertanggung jawab atas dirinya sendiri alias menjadi peribadi yang mandiri. Pengen punya anak seperti itu?

Nah, ada beberapa tips nih yang bisa Anda lakukan untuk anak anda yang masih balita agar terbiasa hidup mandiri. Seperti apa ya? Simak ulasan berikut ini.

Membiasakan Anak ke Kamar Mandi Sendiri

Ketika BAK atau BAB, anak terbiasa meminta orang tuanya untuk mengantar ke kamar mandi. Cara untuk membuat anak agar bersikap mandiri yaitu dengan membiasakan anak ke kamar mandi sendiri. Meski sulit, tapi mengajari sedikit demi sedikit dengan ungkapan yang halus dan memotivasi tentu akan membuatnya langsung menuju ke kamar mandi ketika ingin BAK atau BAB tanpa bantuan orang tuanya. Tapi bertahap ya, lakukan dari menasehati, menuntunnya, menyuruhnya, hingga anak memiliki kemauan dan keberanian untuk ke kamar mandi sendirian.

Memberikan Tugas Merapikan Mainannya

Anak akan merasa bangga ketika dirinya dibutuhkan oleh orang dewasa. Untuk memanfaatkan sikap ini, Anda bisa melatihnya bersikap mandiri dengan memberikan tugas agar dapat diselesaikan. Contoh tugasnya seperti merapikan mainannya sendiri setelah dia pakai untuk bermain. Selain mengajarkan kemandirian, cara ini juga membentuk anak untuk bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Pun cara ini secara tidak langsung meringankan beban Anda untuk membereskan pekerjaan rumah bukan?

Baca juga : Pendidikan Sejak Dini, Bentuk Anak Bersikap Mandiri!

Mengajari Anak Memakai Sepatunya

Mengajari memakai sepatu pada nak bisa dibilang gampang-gampang susah. Tipe anak yang masih labih membuatnya sangat sulit dikendalikan. Mungkin terkadang anak Anda sangat ingin memakai sepatu sendiri namun dengan alasan yang tidak diketahui, anak Anka terlihat malas memakai sepatunya. Agaknya hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut. Ajak Anda memakai sepatu sendiri dengan memberikan contoh. Duduk bersebelahan dan memakai sepatu bersamaan akan meningkatkan minat Anak untuk memakai sepatunya. Ungkpan motivasi juga menambah minat anak melakukan semuanya sendiri, contohnya jika Anda mengatakan bahwa dia sudah dewasa, pasti dalam benaknya dia akan berusaha untuk menangani masalahnya sendiri.

Masih ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak dapat bersikap mandiri. Memberikan pendidikan kepada anak usia dini memang diperlukan kesabaran yang keuletan yang tinggo agar anak termotivasi untuk menjadi pribadi yang baik. Selamat mencoba para idola anak-anak!